KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb
Dengan
puji serta syukur serta atas rahmat dan hidayah dari Allah SWT yang telah
memberikan kita begitu banyak nikmat yang tak ternilai harganya dengan apapun.
Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW
yang telah membawa kita kembali kejalan yang di ridhoi oleh Allah SWT.
Semoga apa-apa yang telah kita perbuat senantiasa
mendapatkan ridhoa dari Allah SWT, serta bermanfaat bagi kita di kemudian hari.
Karena sesuatu yang baik adalah milik Allah SWT dan sesuatu yang kurang baik
senantiasa tak luput dari kesalahan manusia yang tenpatnya salah dan lupa.
Mudah-mudahan hasil ini memcerminkan kita kearah yang lebih baik lagi dan
terus berusaha semampu kita untuk memberikan yang terbaik. Amin
Wassalamualaikum.
Wr. Wb
Banda Aceh 16 Mei 2012
Penulis
KATA PENGANTAR..................................................................................... 1
DAFTAR ISI................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 3
-
Pendahuluan............................................................................................... 4
BAB II PEMBAHASAN................................................................................ 4
1. Tabel
Tingkat Kesulitan Belajar........................................................... 4
2. Tabel
Tingkat Kesulitan Belajar Dalam Bentuk Persen....................... 6
3. Grafik
Tingkat Kesulitan Belajar......................................................... 7
4. Tabel Alasan
Siswa Untuk Mata Pelajaran Yang Berkreteria
Sangat Sulit
Dan Sulit.......................................................................... 8
BAB III
KESIMPULAN.............................................................................. 11
BAB
I
PENDAHULUAN
Keberhasilan dalam melaksanakan suatu
tugas merupakan dambaan setiap orang. Berhasil berarti terwujudnya harapan. Hal
ini juga menyangkut segi efisiensi, rasa percaya diri, ataupun prestise.
Lebih-lebih bila keberhasian tersebut terjadi pada tugas atau aktivitas yang
berskala besar. Namun perlu disadari bahwa pada dasarnya setiap tugas atau
aktivitas selalu berakhir pada dua kemungkinan : berhasil atau gagal.
Belajar merupakan tugas utama siswa, di samping tugas-tugas
yang lain. Keberhasilan dalam belajar bukan hanya diharapkan oleh siswa yang
bersangkutan, tetapi juga oleh orang tua, guru, dan juga masyarakat. Tentu saja
yang diharapkan bukan hanya berhasil, tetapi berhasil secara optimal. Untuk itu
diperlukan persyaratan yang memadai, yaitu persyaratan psikologis, biologis,
material, dan lingkungan sosial yang kondusif.
Bila keberhasilan merupakan dambaan
setiap orang, maka kegagalan juga dapat terjadi pada setiap orang. Beberapa
wujud ketidak berhasilan siswa dalam belajar yaitu : memperoleh nilai jelek
untuk sebagian atau seluruh mata pelajaran, tidak naik kelas, putus sekolah (dropout), dan
tidak lulus ujian akhir.
Kegagalan dalam belajar sebagaimana
contoh di atas berarti rugi waktu, tenaga, dan juga biaya. Dan tidak kalah
penting adalah dampak kegagalam belajar pada rasa percaya diri. Kerugian
tersebut bukan hanya dirasakan oleh yang bersangkutan tetapi juga oleh keluarga
dan lembaga pendidikan. Oleh karena itu upaya mencegah atau setidak tidaknya
meminimalkan, dan juga memecahkan kesulitan belajar melalui diagnosis kesulitan
belajar siswa merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan.
BAB
II
HASIL
LAPORAN
Data ini diperoleh melalui pembagian angket di Sekolah
Madrasah Tsanawiyah MTs
Negeri Model Banda Aceh. Angket diberikan pada tanggal 14 Mei 2012 di kelas VII-XI
hari selasa. Secara terperinci kesulitan-kesulitan belajar siswa pada
pelajaran dapat dilihat pada tabel berikut :
1. Tabel Tingkat Kesulitan Belajar Siswa di MTs N Model
Banda Aceh
No.
|
Mata
Pelajaran
|
Tingkat
Kesulitan
|
||
Sangat
Sulit
|
Sulit
|
Tidak
Sulit
|
||
1.
|
Matematika
|
7
|
17
|
10
|
2.
|
Bahasa Indonesia
|
1
|
9
|
24
|
3.
|
Bahasa
Inggris
|
3
|
10
|
21
|
4.
|
Biologi
|
2
|
9
|
23
|
5.
|
Fisika
|
18
|
8
|
8
|
6.
|
PPKN
|
2
|
11
|
21
|
7.
|
IPS
|
9
|
12
|
13
|
8.
|
Pengetahuan Agama
|
0
|
2
|
32
|
9.
|
Bahasa Arab
|
2
|
4
|
28
|
10.
|
Sejarah kebudayaan islam
|
2
|
16
|
16
|
11.
|
Qur’an Hadist
|
0
|
0
|
34
|
12.
|
Fiqih
|
0
|
3
|
31
|
13.
|
Aqidah Akhlak
|
0
|
2
|
32
|
14.
|
Senibudaya (kesenian)
|
0
|
2
|
32
|
15.
|
Bimbingan dan Konseling
|
0
|
3
|
31
|
16.
|
Penjaskes
|
3
|
7
|
24
|
JUMLAH
|
49
|
115
|
380
|
NB: 34
orang siswa yang
mengisi angket
2.
Tabel
Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Dalam Persen (%). MTsN Model Banda Aceh
No.
|
Mata
Pelajaran
|
Tingkat
Kesulitan
|
||
Sangat
Sulit
|
Sulit
|
Tidak
Sulit
|
||
1.
|
Matematika
|
20.58 %
|
50 %
|
29.41 %
|
2.
|
Bahasa Indonsia
|
2.94 %
|
26.47 %
|
70.58 %
|
3.
|
Bahasa
Inggris
|
8.82 %
|
29.41 %
|
61.76 %
|
4.
|
Biologi
|
5.88 %
|
26.47 %
|
67.64 %
|
5.
|
Fisika
|
52.94 %
|
23.52 %
|
23.52 %
|
6.
|
PPKN
|
5.88 %
|
32.35 %
|
61.76 %
|
7.
|
IPS
|
26.47 %
|
35.29 %
|
38.23 %
|
8.
|
Pengetahuan Agama
|
0 %
|
5.88 %
|
94.11 %
|
9.
|
Bahasa Arab
|
5.88 %
|
11.76 %
|
82.35 %
|
10.
|
SKI
|
5.88%
|
47.05 %
|
47.05 %
|
11.
|
Qur’an Hadist
|
0 %
|
0 %
|
100 %
|
12.
|
Fiqih
|
0 %
|
5.82 %
|
91.17%
|
13.
|
Aqidah
Akhlak
|
0 %
|
5.88 %
|
94.11 %
|
14.
|
Senibudaya (kesenian)
|
0 %
|
5.88 %
|
94.11%
|
15.
|
Bimbingan dan Konseling
|
0 %
|
8.82 %
|
91.17 %
|
16.
|
Penjaskes
|
8.82 %
|
20.58 %
|
70.58 %
|
JUMLAH
|
144.11%
|
338.23 %
|
1117.64%
|





Jumlah siswa

3.
Grafik Tingkat Kesulitan Belajar. MTs Negeri Banda Aceh Kelas VII-X1

4.
Tabel
Alasan Siswa Untuk Mata Pelajaran Yang Berkriteria Sangat Sulit Dan Sulit
NO
|
Mata
Pelajaran
|
Alasan
Kesulitan
|
1
|
Matematika
|
Ø
Tidak terlalu mengerti, kerena tidak suka.
Ø
Tidak bisa di bagian aljabar dan linear
Ø
Terlalu banyak materi dan rumus
dan susah berhitung
Ø
Otak tidak bisa dengan rumus
Ø
Membinggungkan
Ø
Penghitungan dengan teiliti
Ø
Salah satu semua jadi salah
Ø
Gurunya ketika mengajar seperti marah, dan siswa seperti tertekan
Ø
Tidak suka mencari-cari
|
2
|
Bahasa Indonesia
|
Ø Banyak materi dan menghafal
Ø Gurunya dan pelajaran
Ø Tidak suka pelajarannya
|
3
|
Bahasa
Inggris
|
Ø Tidak tau artinya
Ø Tidak
banyak menguasai kosa kata (vocabulary).
Ø Tidak suka Bahasa Inggris
Ø Gurunya kurang terampil
|
4
|
Biologi
|
Ø Tidak suka di praktikum
Ø Banyak bahasa latin
Ø Gak suka membahas masalah sel
Ø Menghafal rumus senyawa
|
5
|
Fisika
|
Ø Tidak memiliki bakat dalam fisika
Ø Terlalu banyak rumus, dan guru tidak cakap dalam
mengajar
Ø Susah memahami
Ø Banyak nya rumus, dan membenci pelajaran fisika.
Ø Gurunya tidak memberi semangat kepada siswa
Ø Kurang mengerti tentang penjelasan guru
Ø Gurunya sibuk sendiri
.
|
6
|
PPKN
|
Ø Banyaknya UUD 1945
Ø Banyak yang tidak mengerti
Ø Menghafal pasal-pasal
Ø Banyak bahasa politik
|
7
|
IPS
|
Ø Banyak materi, dan banyak menghafal
Ø Tidak suka geografi
Ø Pelajaran yang diajarkan berpindah-pindah
Ø Gurunya tidak enak, dan suka cemberut
|
8
|
Pengetahuan Agama
|
Ø Terlalu banyak pelajarannya
|
9
|
Bahasa Arab
|
Ø Tidak mengerti dengan kata-katanya
Ø Saya tidak mengerti Dhamir Fi’l dll.
Ø Dari SD kurang ditekankan
|
10
|
SKI
|
Ø Sulit menghafal karena tahun sejarah dan nama orang
Ø Gurunya sangat kejam
Ø Nilai saya jelek
|
11
|
Qur’an Hadist
|
Ø -
|
12
|
Fiqih
|
Ø Terlalu banyak harus diingat
Ø
|
13
|
Aqidah akhlak
|
Ø
Banyak ayat nya
|
14
|
Senibudaya
|
Ø Saya tidak bisa mewarnai
|
15
|
Bimbingan dan Konseling
|
Ø Banyak menghafal
|
16
|
penjaskes
|
Ø Banyak mengahabiskan tenaga dan sakit tulang
Ø Olahraganya itu itu aja, seperti bola voli
Ø Teori nya monoton hanya olahraga keras saja (b.voli,
spk bola, basket)
|
BAB III
PENUTUP
Berdasarkan hasil laporan hasil angket
diatas bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam bidang
tertentu, yang masing-masing memiliki sebab yang berbeda dan unik. Gejala
kesulitan belajar siswa dapat di lihat dari angket yang kelompok berikan kepada
siswa, mereka memiliki alasan tertentu dan berbeda-beda ini merupakan baik itu
berupa susah memahami pelajaran dan bahkan ada yang mengatakan proses guru
dalam mengajar tidak enak ( tidak memiliki keterampilan dalam mengajar), ini
merupakan kesulitan belajar, yang harus kita evaluasi sebab-sebabnya. Siswa
yang merasa kesulitan belajar tersebut harus diberi arahan dan diberi bantuan
oleh guru bimbingan dan konseling yang ada disekolah. Dan diberikan pengajaran
remedial kepada siswa.
Apa
yang dipaparkan di atas dapat dinyatakan bahwa diagnosis kesulitan belajar merupakan
yang memerlukan perencanaan yang matang, yang memerlukan waktu, tenaga, dan
juga biaya.Oleh karena itu diagnosis kesulitan belajar siswa hendaknya menjadi
bagian dari program kerja lembaga pendidikan. Bila hal ini dapat terlaksana
dengan baik niscaya kesulitan-kesulitan belajar siswa ada sekolah dapat dicegah
dan diatasi. Dan tercapainya tujuan belajar.
semoga bermanfaat
BalasHapus